Hal tersebut berawal dari bermasalahnya Firewall, FW mem-blocked port 3101 with some reasons.
BES tidak bisa connect ke srp.id.blackberry.net port 3101, bahkan dengan manual telnet pun (DOS Command Line), connection refused.
Setelah firewall issue solved, masalah lain pun muncul di BES - Blackberry Manager.
SRP tidak bisa start-up tanpa alasan yg jelas, STARTING...lalu STOPPED dengan SRP status UNKNOWN. bahkan tidak ada log yang tertulis :(
Well, is it something like Windows behavior ? RESTART!
BES tak jua bisa 'naik', malah tambah parah...tidak ada log files yang generated. hanya log *MNGR* dengan last line: [DIAG] EVENT=Registered_thread ....... "Unnamed"
lalu, ditemukan semua services STOPPED kecuali BB Attachment Service. coba manual start services dari windows-services (administrative tools), and criiing.... pop-up error 1069 ...something like: "failed to start up due to "LOGON FAILURE".....
:D got the clue!
and then next what?
Seperti diketahui, semua service BES Server (kecuali BB Attachment Service) adalah 'Logon as DOMAIN/BESADMIN'.
Mungkin ada masalah dengan AD? BESADMIN user password reset, BES Server restart, re-join domain. tapi tetap tidak bisa men-startup satupun services BES!
well..well..well... gotcha!!!
BUG Windows? BUG BES? atau apa ini?
finally, ini yg dilakukan:
1. right click BES Services (yang logon as domain) satu-persatu
2. properties
3. Logon menu tab
4. ketik ulang password BESADMIN (domain user)
5. lalu, start BES Services secara berurutan: Controller - Dispatcher - Router
6. Open BES Manager
7. Start BES
8. Start MDS
DONE! SRP Connected and BES works fine....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar