Senin, Mei 06, 2013

Cara Memasang Alat 'Cruise Control' di Mitsubishi Pajero Sport

Kali ini saya ingin mencatat keisengan saya di area otomotif :-D

Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu 'Cruise Control', ya fitur tersebut berguna untuk mendapatkan kecepatan konstan di kendaraan, misal stabil di kecepatan 80 kmpj. Kecepatan dan rpm akan konstan saat Cruise Control Mode ON tanpa harus menginjak pedal gas! ****mobil transmisi matic pake cruise control pula, istirahatlah kaki kiri kanan :))

Cruise Control tersebut biasanya ada di roda kemudi, jika pada umumnya mobil-mobil dengan fitur extra di sisi kiri ada Audio Control, nah Cruise Control ini ada di sisi kanan. seperti ini controh penerapan di mobil Mitsubishi Pajero Sport:


Ok, sekarang kita cerita tentang bagaimana bisa Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia pake 'Cruise Control'? nah, konon Cruise Control adalah fitur 'standar' untuk mobil-mobil Eropa atau Amerika. Selidik punya selidik ternyata Mitsubishi Pajero Sport pun sudah dilengkapi fitur Cruise Control, namun entah kenapa versi untuk pasar Indonesia (CBU Thailand) fitur tersebut tidak ada. Tapi jika anda dengan seksama memperhatikan di speedo meter terlihat tulisan gelap 'CRUISE'. nah, saya penasaran cari tau apakah bisa diaktifkan? ternyata bisa! dan plug & play tanpa ada perbuatan nista seperti pemotongan kabel, solder dll :p

Melalui seorang kenalan, saya ikut memesan komponen 'cruise control' tersebut yang konon di-import dari Thailand sebagai produsen asalnya. Dan komponen tersebut asli lho...OEM.

Ini dia Cruise Control (kiri) + Brake Switch (kanan):

















Beneran...masangnya relatif gampang, cuma modal obeng kembang..plus senterlah karena kudu sedikit ngolong di bawah setir yang kurang cahaya.

Dan, begini step by step pemasangan cruise control: *jeng...jeng.....halllah*

1. Buka penutup sisi kanan setir yang polos (sisi kiri ada Audio Control) untuk ditukar dengan Cruise Control. Miringkan roda kemudi (karena kebetulan Pajero Sport saya jenis Dakkar dengan Paddle Shift) karena menghalangi obeng untuk membuka 1 baut di sisi kanan bawah setir.
















Buka 1 baut yang sisi terluar (atas).



2. Perlahan, dirayu jangan dipaksa...lepaskan penutup tersebut yang nantinya bakal buat Cruise Control dipasang. Dan, semakin jelas bahwa fitur tersebut sebenarnya sudah ada karena sudah menunggu socket nganggur buat dicolokin dengan modul Cruise Control :-)

















Jangan lupa lepaskan penjepit plastik yang menempel di socket tersebut (pada Pajero Sport saya, kebetulan socket berwarna biru dan penjepit berwarna putih).

3. Jangan buru2 ditutup, coba putar kunci kontak pada posisi ON, lalu pencet ON/OFF pada tombol Cruise Control dan perhatikan indikator Hijau CRUISE menyala saat ON dan padam saat OFF. lalu perlahan tutup dan pasang baut hingga kencang. jangan lupa kembalikan kunci kontak pada posisi OFF...lanjut...

4. lanjut pasang Brake Switch. Sebenernya buat apa sih Brake Switch tersebut? kenapa harus diganti yang lama dengan yang versi bawaan Cruise Control? konon, yang bukan pasangan Cruise Control tetap bisa digunakan tetapi berbahaya jika kita lupa/tidak sempat mematikan/cancel Cruise Control dan mendadak harus ngerem. Nah, Brake Switch tersebut berfungsi agar saat pedal rem diinjak maka otomatis fungsi Cruise Control non-aktif atau posisi CANCEL atau STANDBY/IDLE atau sedang tidak digunakan.

Ini kudu sedikit ngolong, cuma kepala doang kok menengadah/merebahkan punggung dengan membukan dulu penutup (cover pelindung) di bawah kemudi setir: 2 baut kanan-kiri depan dan 1 klem plastik di sisi kiri pojok dalam.
















jangan dipaksa membukan klem plastik tersebut, dorong bagian tengah dan lepas perlahan. lalu kembalikan lagi bagian tengah tersebut berlawanan arah (setelah dicopot ya, supaya pas masang gampang pleg klik kenceng :p)


Nah, copot dan ngolong (pake senter) perhatikan Brake Switch, lepas socket dan putar pengunci plastik berlawanan jarum jam hingga klik, dan tarik/lepas Brake Switch ke arah kanan lalu ganti dengan yang paket dari Cruise Control, kencangkan pengunci dan pasang socket. Jangan buru2 tutup, coba injak pedal rem untuk memastikan lampu rem nyala normal.




















Ok, tutup cover pelindung yang kita buka tadi (2 baut + 1 klem).


Show Time!!!

- tekan tombol ON dan pastikan indikator hijau CRUISE menyala
- jalankan kendaraan hingga minimal kecepatan di atas 40 kpmj (cruise control baru bekerja di atas 40 kmpj)
- tekan tombol COAST SET dan lepas pedal gas...sesaat...RPM dan Kecepatan stabil pada angka saat kita menekan tombol COAST SET.
- tambah kecepatan? ohh...jangan injak pedal gas, tekan tombol ACC RES 1x aja...kecepatan akan naik kira2 5-10 kmpj.... masih kurang? tambah lagi pencet lagi dong.
- bisa kurangi kecepatan dengan menekan tombol COAST/SET.
- mau menonaktifkan? tekan tombol CANCEL, atau injak pedal REM atau injek GAS. maka otomatis akan kembali ke mode manual dengan posisi CRUISE Standby/Idle (indikator hijau nyala).

Walau Tol Jakarta relatif ramai, jika lancar dan kendaraan bisa dipacu di atas 40 kmpj...bisa dipake kok.... caranya? misal stabil di 80 kmpj...baru semenit mobil depan sudah rapet...tekan CANCEL...jika jarak dengan mobil depan cukup aman dan kecepatan masih di atas 40 kmpj...langsung tekan COAST SET...dan kecepatan akan stabil di angka saat COAST SET dipencet.

Taukah anda, jika dengan Cruise Control bahan bakar akan lebih irit? ya karena perpindahan sangat halus dan putaran mesin bermain di bawah 2000 rpm...bahkan pengalaman saya rpm berkisar di 1600 putaran per menit, kecepatan 100 kmpj

Wah, apalagi kalo dipake perjalanan luar kota yang biasanya lalu lintas relatif lancar....dan kaki kanan pun ikutan istirahat :-D

They say that real man use 3 pedals, but some of them say why we need 3 if 2 is enough? and i say, i can use my finger to control my speed! hehehe

14 komentar:

  1. Thanks Bro !
    Infonya sangat bermanfaat ! Numpang COPAS ya..

    BalasHapus
  2. Bro,
    cruise control dan brake switch nya bisa dibeli dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro...gw ada tp inden 5hari paling lama...harga pm aja

      Hapus
  3. Mas...cruise control dan brake switchnya beli dmn ya ...? Berapaan hrgya mas..? Tksh....Iqbal.

    BalasHapus
  4. Silahkan Bro Sute.

    Aa Agus, iqbal... saya beli dari kenalan di Surabaya lalu kirim ke saya di Bekasi. beliau beli di Thailand barang OEM. Cruise Control + Brake Switch 1,8jt. bisa contact beliau jika tertarik di 0811 340679

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. menyediakan swith cruise control untuk mitsubishi pajero sport,lancer ex dan outlander sport.
    search di google "naryoko shop"
    hp.087710413829
    bbm 7a57cdf4

    BalasHapus
  7. permisi mas, untuk mitsubishi pajero sport yang sudah menggunakan padlle shift, untuk manambah kecepatannya lewat acc res, itu harus di tambah gigi percepatannya atw sudah otomatis?? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. otomatis kecepatan dan posisi gigi akan di atur oleh komputer mesin.tapi berlaku buat pajero sport type automatic transmision.

      anda butuh swith cruise control pajero sport,outlander sport dan lancer ex.
      hubungi 087710413829
      bbm 7a57cdf4
      naryoko shop tokopedia

      Hapus
  8. Tersedia Cruise control untuk mitsubishi all new pajero sport 2016.
    Segera Upgrade fitur cruise control pajero sport anda...

    naryoko
    bbm. 7a57cdf4
    wa 087710413829

    BalasHapus
  9. untuk brake switch nya tinggal colok kabelnya juga atau ada nyambung kabel ya mas?

    BalasHapus