Senin, April 25, 2011

cara memindahkan icon aplikasi di android samsung galaxy tab

Setelah lebih dari 3 bulan, akhirnya saya menemukan cara untuk memindahkan atau mengatur posisi icon di applications. Seperti kita ketahui, setiap kali menambah aplikasi icon akan bertambah di application. Dengan mudah kita membuat shortcut dengan memencet dan menahan icon tersebut, otomatis shortcut akan muncul di desktop posisi terakhir sebelum kita masuk ke applications list.

Saya merasa nyaman jika bisa mengatur icons application berdasarkan category.

Caranya, tekan tombol applications, tekan tombol "Menu" (samping kiri "Home") akan muncul virtual button "edit", tekan edit tersebut dan icons (3rd party apps akan muncul tanda forbidden '-') akan muncul frame di tiap icons tersebut. Selanjutnya, simple.tinggal drag and drop, atur posisi dan lokasi window. Untuk menyimpan setting tersebut, tekan lagi tombol Menu dan save.



Dengan cara tersebut juga kita bisa menghapus atau meng-uninstall 3rd party apps dengan menekan tanda forbidden '-' tersebut.
Published with Blogger-droid v1.6.8

Cara Mengganti Sekering Lampu Parkir Mobil Yaris

Saya ingin berbagi pengalaman tentang cara pengechekan/penggantian sekering lampu parkir pada Toyota Yaris. Lampu parkir atau sering juga disebut dengan Tail Lamp atau di kampung saya biasa disebut lampu kecil/senja adalah lampu yang nyala sebelum lampu besar (main lamp) dinyalakan. biasanya orang menyalakan saat hari mulai senja atau masih fajar atau dalam kondisi hujan.

Pada Yaris, saat lampu parkir dinyalakan, pada kondisi normal 2 lampu kecil di dalam lampu besar (depan) dan 2 lampu kecil di dalam lampu rem belakang + lampu plat nomor belakang akan menyala. Dan sebagai indikatornya, tanda lampu berwarna hijau di panel speedometer akan ikut menyala.

Mengapa pengalaman ini saya anggap penting untuk dicatat oleh diri saya sendiri? karena saya sempat kebingungan mencari lokasi panel sekering (fuse box) untuk tail lamp/lampu parkir tersebut. Secara naluri, umumnya orang akan langsung membuka kap dan membuka fuse box cover lalu mulai membaca peta posisi sekering. Pada Yaris, ada 4 lokasi sekering; sisi kiri kap, sisi tengah (dekat firewall) dan sisi kanan kap. yang terakhir ada di dalam, persisnya di belakang laci kiri bawah. Nah, kebetulan sekering/fuse untuk Tail Lamp atau Lampu Parkir/Senja tersebut ada pada lokasi yang bagi saya amat sulit yakni di belakang laci kiri bawah dan panelnya menghadap ke lantai. Dengan ruang yang begitu sempit, saya harus sedikit berakrobatik sambil setengah tidur untuk menengadah agar bisa melihat dan membaca fuse box tersebut.

Untuk kenyamanan (dan dasarnya saya penasaran :), langkah pertama saya membuka laci kiri bawah agar leluasa baik ruang maupun cahaya (jika tanpa senter). Melepas laci kiri bawah relatif gampang, laci tersebut tanpa baut sama sekali cukup menarik ke arah atas dalam kondisi laci terbuka, lalu memiringkan untuk benar-benar melepaskan laci tersebut. Berikut gambar engsel atau pengait laci yang tanpa baut tersebut.

                                           gambar sisi pengakit laci


                                           gambar pengait sisi dashboard


Dalam kondisi laci terbuka, kita akan dengan mudah melihat panel fuse box:

Dari gambar di atas, kita belum bisa melihat panel sekering untuk Tail Lamp atau Lampu Parkir tersebut. Kita harus telentang, kepala masuk ke bawah menghadap atas, karena panel sekeringnya menghadap lantai seperti gambar berikut:


Nah, sekering untuk Lampu parkir atau Tail Lamp adalah sekering pada posisi paling kanan bawah (kebetulan berwarna merah dengan ukuran 10A). cabut/periksa sekering tersebut dengan menggunakan penjepit yang tersedia di dalam fuse box sisi kanan dalam kap (sekalian juga cabut sekering cadangan yang 10A dari dalam box tersebut). Hati-hati! baca dengan seksama 'peta' lokasi masing-masing sekering yang tertulis di balik tutup kotak sekering tersebut.

Selesai, check lampu parkir atau tail lamp.

Lalu, agak sedikit tricky untuk memasang laci. caranya, rebahkan laci tersebut sambil perlahan ditekan ke arah dalam (cocokkan dengan posisi engsel tadi):


Pastikan terpasang dengan sempurna, lalu tinggal dorong seperti kita menutup laci (dengan terkesan sedikit "dipaksa" saat menutupnya). plug!

Rabu, April 06, 2011

How to Connect USB Dongle Modem Huawei E160 G to MacBook Air (snow leopard)

Setelah membeli MacBook Air yang terinstall dengan Snow Leopard, seperti pengalaman dengan MacBook sebelumnya (Tiger) sangatlah mudah...tinggal colok USB Modem, then as usual drag it to application, execute it and setting apn bla bla bla. connected!

Tapi, sempet bingung...aplikasi Mobile Partner yang berlaku sebagai dialer dan setting untuk apn provider tidak berfungsi, error..pilihan ignore atau send report :( dan saya baru sadar jika MacBook Air sudah menggunakan OS X Snow Leopard...bah, pasti driver tidak cocok. mengingat dongle tersebut saya beli jauh sebelum Snow Leopard hadir dan sayangnya, bahkan Huawei support tidak menyediakan driver untuk Snow Leopard tersebut.

Pada akhirnya (Thanks!) ketemu blog ini, yang menyediakan informasi how to connect sekaligus drivernya :)


blog.evandavey.com

Langkah-langkahnya:

1. Download driver di sini, lalu install file ke-2 (HuaweiDataCardDriver(2.6)-intel.pkg) --file pertama nggak bisa.

2. Pasang USB Modem, tunggu bebeapa saat sampai lampu sinyal operator berkedip.

3. Buka “Network Preferences” lalu klik  tanda“+” dan add new service.

4. Pilih "Huawei Mobile" dari List Interfaces.

5. Lalu masukkan dial number *99# (standarlah), user/password kosongkan saja.

6. connect! go surfing.... jika ada mencentang "show modem status in menu bar" maka akan muncul di sisi kanan atas paling kiri (biasanya), untuk selanjutnya tinggal pilih disconnect atau connect huawei mobile.

Terus? E160G kan ada slot untuk microSD. hingga tahap tersebut dongle USB tidak/belum terbaca sebagai external storage (ada 2 drive baru seharusnya).

And, finally... penasaran googling lagi, keluar masuk forum, ketemu (lupa sumbernya)......

mau ada aplikasi seperti semestinya? dialer dengan mobile partner, ada statistic, sms tools, dll?
silahkan download and install, tinggal buka ISO nya dan lanjut seperti instalasi drag and drop... ya, macway!

ini dia: http://59.120.136.228/huaweidownload/MAC/MAC%2010.6%20DRIVER/

Sepertinya Huawei "menyembunyikan" driver tersebut. Tidak ada di situs Huawei.

enjoy!

***jika ada masalah dengan links tersebut, saya masih menyimpan kok :-)