Rabu, Februari 20, 2013

Cara Reduce/Resize PDF File di Mac OSX Menggunakan Preview Save As

Salah satu fitur yang bikin saya nyaman menggunakan OSX Mac adalah fitur bawaan untuk save as atau print as pdf. Namun ada hal yang menurut saya kurang pas jika kita ingin mengecilkan ukuran file PDF.

Resize File PDF menggunakan Preview bisa dengan cara File -> Save As -> pilih Format PDF dan Quartz Filter pilih "Reduce File Size". Namun, hasilnya sangat mengecewakan secara quality, tulisan jadi kabur dan susah terbaca. secara size file memang benar. Size PDF hasil scanner berkurang dari 3.7MB menjadi 25KB (wow!). Tapi buat apa? document jadi nggak berguna.

Nah, dari searching2 dan coba2 akhirnya saya menemukan cara mendapatkan file size dalam ukuran wajar dan bisa terbaca dengan baik mata normal :-D


Kata kuncinya adalah "ColorSync Utility" (dari Applications, Utilities, ColorSync Utility).
Dengan ColorSync Utility kita bisa membuat jenis baru dari "Quartz Filter" saat Save As PDF seperti di awal tulisan ini.

jadi, apa sebab default "Quartz Filter" Reduce File Size begitu hancur? ini penyebabnya:
Yup, "Image Sampling" biang kerok jeleknya kualitas document PDF hasil resize tsb.

Lalu, bagaimana supaya hasilnya wajar? baik ukuran maupun kualitas? Buat jenis Filters baru:
1. Tekan tanpa "+" di kiri bawah
2. Kasih saja nama bebas, misal Reduce File Size Mid Quality. terus tekan Enter/Return.
3. Klik tanda panah bawah (buat drop down) di sisi kanan nama yang tadi kita bikin. akan muncul pilihan menu. pilih “Add Image Effects Component”, lalu pilih “Image Compression”.
4. Nah, silahkan ubah Image Compresion Mode menjadi JPEG, lalu geser Quality sesuai yang anda inginkan (misal ukuran tengah).
5. Close "ColorSync Utility"




Next time anda save as file PDF dan memilih "Quartz Filter", maka akan ada pilihan baru sesuai dengan nama filter yang tadi kita buat. (contoh: Reduce File Size Mid Quality).

Sebagai gambaran, dengan jenis Mid-Quality buatan saya. file PDF hasil scanner 3.7MB menjadi 184KB dan hasilnya masih bisa dibaca dengan baik oleh mata normal dengan kualitas relatif cukup.

Sounds Good? ;-)

--
tafa

Reference